Minggu, 30 Desember 2012

MAKALAH SISTEM INFORMASI, ORGANISASI, MANAJEMEN DAN STRATEGI


Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Kuasa karena atas berkat dan karunia-Nya.karena penulis telah menyelesaikan Makalah ini yang berjudul “SISTEM INFORMASI, ORGANISASI, MANAJEMEN DAN STRATEGI” dimana makalah ini merupakan tugas dari mata kulah Sistem Informasi Manajemen.
Dalam penyusunan makalah ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan dari berbagai pihak, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi dapat teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
  1. Bapak Yoseph Erbito,ST, MT,  selaku Dosen mata kuliah Sistem Informasi Manajemen yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada penulis sehingga penulis termotivasi dan menyelesaikan makalah ini.
  2. Orang tua yang telah turut membantu, membimbing, dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai.
  3. Teman-teman seperjaungan yang telah banyak membantu baik secara material maupun non material
  4. Rekan-rekan Akademi Manajemen Bumi Sebalo Bengkayang yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu namanya atas saran dan bantuan lainnya.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini pasti ada kekurangan serta kekeliruan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan.
Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi kita semua.


Bengkayang, September 2012
Penyusun


Kelompok III




Daftar Isi

Kata Pengantar...............................................................................................................     i
Daftar isi............................................................................................................................    ii
BAB   I   PENDAHULUAN..............................................................................................    1
A.   Latar Belakang..........................................................................................    1
B.   Rumusan Masalah..................................................................................    1
C.   Tujuan Penulisan....................................................................................    2
D.   Manfaat Penulisan..................................................................................    2
E.   Sistematika Penulisan............................................................................    3
BAB  II   PERMASALAHAN...........................................................................................    4
A.   Pengertian Sistem Informasi, Organisasi, Manajemen dan Strategi    4
B.   Hal-Hal yang Perlu Diketahui oleh Seorang Manajer untuk Membangun dan Menggunakan System Informasi yang Sukses ................................    8
C.   Cara Sistem Informasi Mempengaruhi suatu Organisasi................    9
D.   Sistem Informasi dalam Mendukung Kegiatan Manajer dalam Organisasi..    10
E.   Perusahaan Menggunakan Sistem Informasi untuk Keunggulan Kompetitif........    12
F.    Kesulitan dalam Membangun Sistem Informasi yang Sukses, Termasuk Sistem yang Mempromosikan Keunggulan Kompetitif............................................    14
BAB  III   PENUTUP........................................................................................................    15
A.   Kesimpulan...............................................................................................    15
B.   Saran..........................................................................................................    16
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................................    17




BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Perubahan  lingkungan bisnis yang  semakin  tidak menentu dan  situasi bisnis yang semakin  kompetitif  menimbulkan  persaingan  yang  semakin  tajam,  ini  ditandai  dengan semakin banyaknya perusahaan milik pemerintah maupun swasta yang didirikan, baik  itu perusahaan  berskala  besar,  perusahaan  menengah  maupun  perusahaan  berskala  kecil.  Banyak  perusahaan  yang  didirikan  merupakan  factor  pemicu  tingkat  persaingan yang semakin tajam di lingkungan dunia usaha itu sendiri. Keadaan seperti itu baik secara langsung maupun  tidak  langsung  akan  dapat mempengaruhi  kelangsungan  hidup  usaha yang dirintis oleh para pelaku yang  terlibat di dalamnya, Dilain pihak, perusahaan dalam usahanya memasarkan  suatu  produk  yang  dihasilkan  terkadang mengalami  kesulitan  di dalam  menyalurkan  produknya  kepada  konsumen,  hal  ini  memaksa  perusahaan  untuk lebih pro-aktif dalam mengantisipasi situasi tersebut.   Dewasa  ini  perekonomian  Indonesia  semakin berkembang, misalnya  dapat  dilihat dari perkembangan  industri penghasil barang,  salah  satu  industri penghasil barang  yang perkembangannya  pesat  adalah  industri  yang  bergerak  pada  minuman  ringan. Perkembangan  yang  pesat  ini  juga  diikuti  dengan  semakin  ketatnya  persaingan  diantara produsen minuman ringan  tersebut. Produsen saling berebut untuk mendapatkan pangsa pasar yang luas guna meningkatkan laba melalui volume penjualan
B.   Rumusan Masalah
1.    Apa pengertian dari system informasi, organisasi, manajemen dan strategi?
2.    Apakah manajer perlu tahu tentang organisasi untuk membangun dan penggunaan sistem informasi yang sukses?
3.    Bagaimana sistem informasi mempengaruhi organisasi?
4.    Bagaimana sistem informasi mendukung kegiatan manajer dalam organisasi?
5.    Bagaimana perusahaan menggunakan sistem informasi untuk keunggulan kompetitif?
6.    Mengapa begitu sulit untuk membangun sistem informasi yang sukses, termasuk sistem yang mempromosikan keunggulan kompetitif?
C.   Tujuan Penulisan
1.    Mengetahui pengertian dari system informasi, organisasi, manajemen dan strategi.
2.    Mengetahui hal-hal yang perlu diketahui oleh seorang manajer tentang organisasi untung membangun dan menggunakan system informasi yang sukses.
3.    Mengetahui cara system informasi mempengaruhi organisasi.
4.    Mengetahui cara system informasi dalam mendukung kegiatan manajer alam organisasi
5.    Mengetahui perusahaan menggunakan sisterm informasi untuk keunggulan kompetitif.
6.    Mengetahui alasan sulitnya dalam membangun sistem informasi yang sukses, termasuk sistem yang mempromosikan keunggulan kompetitif?
D.   Manfaat Penulisan
1.    Bagi para perusahaan
Semakin mengetahui bagaimana cara mengembangkan system informasi dalam menjalankan bisnis karena dengan menggunakan system informasi akan memudahkan perusahaan tersebut untuk  menjalankan suatu kegiatan dalam perusahaan dan system informasi tersebut akan mengurangi biaya operasional perusahaan
2.    Bagi rekan-rekan mahasiswa
Makalah ini dapat menambah pengetahuan mengenai system informasi, organisasi, manajemen dan strategi yang merupakan salah satu mata kulaih dari jurusan Manajemen Program Srudi Manajemen Perusahaan
3.    Bagi Pembaca
Makalah ini dapat menambah wawasan bagi pembaca mengenai system informasi dalam mempengaruhi suatu organisasi dalam mengembangkan suatu kegiatan dimana system informasi tersebut mempermudahkan operasional organisasi.
E.   Sistematika Penulisan
Sistematika uraian makalah ini terdiri dari tiga bagian yaitu pendahuluan yang meliputi latar belakang masalah, tujuan, sistematika uraian. Kedua isi atau kajian teori dan pembahasan. Ketiga penutup yang berisi kesimpulan dan saran dilengkapi dengan daftar pustaka.











BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian Sistem Informasi, Organisasi, Manajemen dan Strategi
1.    Pengertian Sistem Informasi
Apakah pengertian sistem informasi? Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.
Biasanya suatu perusahan atau badan usaha menyediakan semacam informasi yang berguna bagi manajemen. Sebagai contoh: Perusahaan toko buku mempunyai sistem informasi yang menyediakan informasi penjualan buku-buku setiap harinya, serta stock buku-buku yang tersedia, dengan informasi tersebut, seorang manajer bisa membuat keputusan, stock buku apa yang harus segera mereka sediakan untuk toko buku mereka, manajer juga bisa tahu buku apa yang paling laris dibeli konsumen, sehingga mereka bisa memutuskan buku tersebut jumlah stocknya lebih banyak dari buku lainnya.
2.    Pengertian Organisasi
Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis).
Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi
Beberapa pengertian organisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut :
a.       Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
b.      James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
c.       Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
d.      Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
3.    Pengertian Manajemen
Istilah manajemen memiliki berbagai pengertian. Secara universal manajemen adl penggunaan sumberdaya organisasi utk mencapai sasaran dan kinerja yg tinggi dalam berbagai tipe organisasi profit maupun non profit. Manajemen sebagai proses, manajemen adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan orang lain demi mencapai tujuan yang sama.
Pengerian Manajemen Menurut Para Ahli
1)    Menurut Henry Fayol
Menyebutkan ada lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Sedangkan fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.
2)    Menurut Prof. Oie Liang Lee
“Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.
3)    Menurut Richard L.Daft (2002:8)
Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.
4)    Menurut James A.F. Stoner (2006:Organisasi.org)
“Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya”.
5)    Menurut Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2)
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.
6)    Menurut Dr. Sp. Siagian dalam buku “FILSAFAT ADMINISTRASI”
Pengertian Manajemen dapat di definisikan sebagai : “Kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain”
7)    Menurut Ordway Tead yang disadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku “ORGANISASI DAN MANAGEMENT“
Manajemen adalah “Proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan”.
8)    Menurut Marry Parker Follet
“Manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain.
4.    Pengertian Strategi
Berikut adalah pengertian strategi menurut para ahli :
1)    Karl Von Clausewitz
Strategi adalah pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk memenangkan peperangan. Sedangkan perang itu sendiri merupakan kelanjutan dari politik
2)    A. Halim
Strategi adalah suatu cara dimana organisasi / lembaga akan mencapai tujuannya, sesuai dengan peluang - peluang dan ancaman - ancaman lingkungan eksternal yang dihadapi, serta sumber daya dan kemampuan internal
3)    Kaplan dan Norton
Strategi adalah seperangkat hipotesis dalam model hubungan cause dan effect, yaitu suatu hubungan yang dapat diekspresikan melalui kaitan antara pernyataan if-then.
4)    Stephanie K. Marrus
Strategi didefinisikan sebagai suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, diserta penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai
5)    Hamel dan Prahalad (1995)
Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus - menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggakn di masa depan
6)    Sjahfrizal
Strategi adalah cara untuk mencapai tujuan berdasarkan analisa terhadap faktor internal dan eksternal
7)    Anonim
Strategi adalah keselarasan strategi dengan kebutuhan dan kemampuan dikaitkan dengan upaya penguatan kemampuan kepemimpinan (leadership), kewirausahaan (enterpreneurship) dan pengelolaan (managerialship).

.
B.   Hal-hal yang perlu diketahui oleh seorang manajer tentang organisasi untuk membangun dan menggunakan system informasi yang sukses
Sistem informasi dan organisasi mempengaruhi satu sama lain. sistem informasi harus selaras dengan organisasi untuk memberikan informasi yang penting dalam organisasi. pada saat yang sama, organisasi harus menyadari dan terbuka terhadap pengaruh informat.Pada sistem dalam rangka untuk mendapatkan keuntungan dari teknologi baru.
Interaksi antara teknologi informasi dan organisasi sangat kompleks dan dipengaruhi oleh banyak faktor besar mediasi:
a. struktur organisasi
b. standar operasional prosedur
c. politik
d. budaya
e. lingkungan
f. keputusan manajemen.
manajer harus menyadari bahwa sistem informasi nyata dapat (secara Nyata) mengubah kehidupan dalam organisasi. mereka tidak bisa berhasil merancang sistem baru atau memahami sistem yang ada tanpa memahami organisasi.
manajer perlu memahami fitur penting tertentu dari organisasi dalam rangka membangun dan menggunakan sistem informasi sukses. Fitur umum dari organisasi adalah:
a.    Standard operasi prosedur (SOP). Setiap organisasi memiliki aturan, prosedur, dan praktek yang dikembangkan oleh organisasi untuk mengatasi semua situations.SOP diharapkan harus efisien dan biasanya sulit untuk berubah.
b.    Organizational politik. Orang dalam organisasi memiliki tingkat peran, berbeda, dan mungkin memiliki kepentingan pribadi yang berbeda yang menciptakan resistensi struggle.political politik menimbulkan kesulitan dalam membawa organisasi perubahan-terutama pengembangan sistem informasi baru.
c.    Kebudayaan organisasi. teknologi baru biasanya membawa cara baru dalam berbisnis. budaya organisasi adalah menahan diri yang kuat pada perubahan khususnya perubahan teknologi 

Untuk download Makalah selengkapnya KLIK DISINI

Untuk download Slide Presentasi dalam bentuk Power Point KLIK DISINI




8 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks atas cntoh makalahnya,,,,,,

Hamdan alwa mengatakan...

mantap gan..

GONG mengatakan...

mohon izin share..tuk bahan bacaanku...mkasih ya dah membantu menambah informasi

GONG mengatakan...

mohon izin share..tuk bahan bacaanku...mkasih ya dah membantu menambah informasi

Anselmus Asang mengatakan...

thanks juga...udah mau mampir.... hehe

Anselmus Asang mengatakan...

makasih bro Hamdan atas penilaiannya...hehe..

Anselmus Asang mengatakan...

Silahkan Sdr GONG....makasih juga udah mau mampir....hehe

Anonim mengatakan...

maksii yah...